Klik untuk informasi lebih lanjut




Gambaran Umum

Program studi Magister Teknologi Informasi di program pascasarjana STMIK AKAKOM diarahkan untuk mempunyai kompetensi yang kuat di bidang teknologi perangkat lunak dan data. Calon lulusan merupakan profesional yang kompeten dalam merancang arsitektur data untuk suatu organisasi serta mampu menggunakan berbagai macam perangkat pengembangan untuk merekayasa data serta melakukan pemrosesan menggunakan berbagai algoritma untuk mengubah data menjadi insights serta menerapkan hasilnya untuk keperluan sistem smart. Profesional ini bisa menempati berbagai bidang dalam organisasi, misalnya:

1. Chief Data Officer / Chief Information Officer
2. Data Engineer serta Data Scientist dengan kemampuan menggunakan sistem terdistribusi dan komputasi awan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi terhadap kebutuhan data
3. Software engineer yang profesional dalam merancang, mengelola data dan menampilkan hasilnya untuk pengambilan keputusan dalam suatu command center / dashboard.
4. Profesional dalam Big Data Analytics.
5. Profesional dalam pengembangan perangkat lunak

Pengelola Program Studi dan Tenaga Pengajar

Ketua Program Studi : Dr. Bambang Purnomosidi D. P., SE, Ak, S.Kom, MMSI
Sekretaris Program Studi : Dr. Widyastuti Andriyani, S.Kom., M.Kom

Dosen program studi Magister Teknologi Informasi

1. Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MURP, Ph.D
2. Prof. Ir. Adhi Susanto, M.Sc., Ph.D
3. Dr. Bambang Purnomosidi D. P., SE, Ak., S.Kom, MMSI
4. Dr. Widyastuti Andriyani, S. Kom., M.Kom
5. Dr. Ir. Abdul Kadir, MM, MT
6. Dr. Ida Astuti S.Kom., MMSI
7. Dr. Siti Saidah S.Kom., MMSI

Pengetahuan dan Keterampilan Lulusan

Program studi ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keahlian yang kuat di bidang teknologi perangkat lunak untuk rekayasa data (data engineering) serta sains data (data science) dan mampu menggunakan keahlian tersebut untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi melalui dashboard / command center. Program studi ini unik karena menekankan pada kemampuan menggunakan berbagai macam teknologi perangkat pengembangan untuk merekayasa data pada berbagai platform (ETL / Extract-Transform-Load), membangun data set dan merancang data warehouse untuk menyimpan data set tersebut. Dengan menggunakan data set pada data warehouse tersebut, dapat diimplementasikan berbagai algoritma yang berbasis pada machine learning serta deep learning untuk menghasilkan insights ataupun menghasilkan dashboard / command center untuk sistem smart yang bisa diaplikasikan untuk smart city, smart economy, dan lain-lain.


Pengetahuan Lulusan:
1. Mempunyai kemampuan mengembangkan pengetahuan dan teknologi melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
2. Mempunyai kemampuan mengaplikasikan teknologi pengembangan perangkat lunak pada berbagai plaftorm (text, GUI, maupun Web) yang berbasis pada sumber daya komputasi terdistribusi serta komputasi awan.
3. Mempunyai kemampuan mengelola serta merekayasa data (data engineering), baik data terstruktur maupun semi / tidak terstruktur dalam suatu proses ETL (Extract - Transform - Load) dengan tujuan utama membangun data warehouse untuk (big) data
4. Mempunyai kemampuan mengaplikasikan keahlian bidang matematika dan statistika terhadap data, khususnya kemampuan untuk membuat dan mengimplementasikan algoritma machine learning dan deep learning untuk big data sebagai dasar dari berbagai sistem cerdas seperti smart city, smart economy, dan lain-lain.
5. Untuk kurikulum, dapat di download disini

Keterampilan Lulusan:
1. Mampu merancang arsitektur data untuk suatu organisasi.
2. Mampu menggunakan perangkat pengembangan untuk membangun perangkat lunak pada suatu platform dengan arsitektur yang melibatkan komputasi awan
3. Mampu mengelola Big Data dan merancang serta mengimplementasikan data warehouse untuk Big Data storage.
4. Mampu melakukan proses rekayasa data dengan data yang terdistribusi.
5. Mampu mengaplikasikan matematika dan statistika untuk machine learning serta deep learning terhadap data set.
6. Mampu melakukan proses data analytics terhadap Big Data untuk memperoleh insights sesuai kebutuhan organisasi.
7. Mampu menggunakan data set yang terdapat pada data warehouse untuk keperluan membantu organisasi dalam pengambilan keputusan dalam suatu dashboard atau command center.
8. Mampu mengaplikasikan arsitektur data serta pengolahan data untuk solusi sistem smart dengan aplikasi pada smart city, smart economy, serta berbagai macam sistem smart lainnya.


Syarat Pendaftaran

Persyaratan Pendaftaran S2

  • Memiliki Ijazah asli. Ijazah S1 atau yang setara dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dengan program Magister yang akan diikuti; Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
  • Memiliki Transkrip Nilai/Akademik S1 asli dengan IPK >= 2.50.
  • Lain-Lain

  • Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Format surat rekomendasi dapat di download disini.
  • Surat keterangan sehat dari Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik yang memiliki izin dari Pemerintah/swasta.
  • Surat ijin studi atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja
  • Waktu studi normal 18 Bulan
  • Biaya Kuliah

    Biaya meliputi biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- (sudah termasuk Jaket, Mug, Block Note, Bolpoint,Tas) dan biaya perkuliahan sebesar Rp. 29.000.000,-. Biaya perkuliahan program Magister Teknologi Informasi STMIK AKAKOM dapat dibayarkan dengan pilihan pembayaran:
    a. Pembayaran dilakukan per semester
    b. Pembayaran dilakukan per bulan (pembayaran awal sebesar 3 bulan pertama)
    c. Pembayaran dilakukan secara lunas, akan mendapatkan potongan sebesar Rp. 500.000,-

    Cara Pembayaran:
    1. Transfer ke BANK BNI No Rek. 0030436213 atas nama Yayasan Pendidikan Widya Bakti (bukti transfer di kirim lewat WA ke No. +6285747284441)
    2. Tunai, dengan mengisi form pembayaran yang sudah tersedia di kampus STMIK AKAKOM

    Biaya Kuliah Total

    Biaya kuliah Rp. 29.000.000,- dengan pilihan pembayaran per bulan atau per semester

    Beasiswa 10 Pendaftar Pertama

    Dapatkan beasiswa Rp. 4.000.000 bagi 10 pendaftar pertama program studi Magister Teknologi Informasi untuk non Alumni STMIK AKAKOM.

    Beasiswa Alumni

    Beasiswa sebesar Rp 6.000.000 diberikan khusus bagi Alumni STMIK AKAKOM

    Daftar Sekarang!

    Kontak

    Jl. Janti No.143, Karang Jambe, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55918

    info.mti@akakom.ac.id

    (0274) 486664

    +6285747284441